PROGRAM TAHUNAN
(contoh)
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas :
VIII
Tahun
Pelajaran :
Sem
|
NoSK
|
Standar
Kompetensi/ Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Jumlah JP
|
Ket
|
1
|
1
2.
3.
4.
|
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia
1.1 Menganalisis
pentingnya pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.
1.2 Mendekripsikan
tahapan perkembangan manusia.
1.3 Mendeskripsikan
sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
1.4 Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan dan
hubungannya dengan kesehatan
1.5 Mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan
hubungannya dengan kesehatan.
1.6 Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan
hubungannya dengan kesehatan
Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan
2.1 Mengidentifikasi
struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
2.2 Mendeskripsikan
proses perolehan nutrisi dan transformasi energi pada tumbuhan hijau.
2.3 Mengidentifikasi macam-macam gerak pada
tumbuhan.
2.4 Mengidentifikasi
hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan
sehari-hari.
Menjelaskan konsep partikel materi
3.1 Menjelaskan
konsep atom, ion, dan molekul.
3.2 Menghubungkan
konsep atom, ion dan molekul dengan produk kimia sehari-hari.
3.3 Membandingkan
molekul unsur dan molekul senyawa.
Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan.
4.1 Mencari informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan
kimia dalam kehidupan sehari-hari.
4.2 Mengkomunikasikan informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia.
4.3 Mendeskripsikan bahan kimia alami dan bahan kimia
buatan dalam kemasan yang terdapat dalam bahan makanan.
4.4 Mendeskripsikan sifat/pengaruh zat adiktif dan
psikotropika.
4.5 Menghindarkan diri dari pengaruh zat adiktif dan
psikotropika.
|
Pertumbuhan dan perkembangan
Metamorfosis dan metagenesis
Tahapan perkembangan manusia.
Pubertas masa remaja.
Rangka, otot dan sendi.
Kelainan dan gangguan kesehatan
sistem gerak.
Saluran Pencernaan pada Manusia.
Kelainan dan gangguan sistem pencernaan.
Saluran Pernapasan pada manusia.
Gangguan sistem Pernapasan.
Sistem peredaran darah pada
manusia.
Gangguan sistem peredaran darah.
Struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.
Fotosintesis
Gerak Tumbuhan
Hama dan Penyakit pada Tumbuhan
Atom, ion dan molekul
Hubungan atom, ion dan
molekul dengan produk kimia
Perbandingan molekul unsur dan molekul senyawa.
Kimia Rumah Tangga
Kegunaan dan efek samping bahan kimia.
Bahan kimia alami dan buatan
Zat adiktif dan psikotropika
Cara menghindari dari dari pengaruh zat adiktif dan psikotropika
|
8
4
4
4
4
4
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
2
|
|
Jumlah
Jam Pelajaran Semester 1
|
48
|
Sem
|
NoSK
|
Standar
Kompetensi/ Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Jumlah JP
|
Ket
|
2
|
5.
6.
|
Memahami peranan usaha, gaya, dan energi
dalam kehidupan sehari-hari.
5.1 Mengidentifikasi jenis-jenis gaya,
penjumlahan gaya dan pengaruhnya pada suatu benda yang dikenai gaya.
5.2 Menerapkan hukum Newton untuk
menjelaskan berbagai peristiwa dalam kehidupan sehari-hari.
5.3 Menjelaskan hubungan bentuk energi dan
perubahannya, prinsip “usaha dan energi” serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
5.4 Melakukan percobaan tentang pesawat
sederhana dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
5.5
Menyelidiki tekanan pada benda padat, cair, dan gas
serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang dan
optika dalam produk teknologi sehari-hari.
6.1
Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta
parameter-parameternya.
6.2
Mendeskripsikan konsep bunyi dalam kehidupan sehari-hari.
6.3
Menyelidiki sifat-sifat cahaya dan hubungannya dengan
berbagai bentuk cermin dan lensa.
6.4
Mendeskripsikan alat-alat optik dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari.
|
Jenis-jenis
Gaya
Hukum Newton
Hubungan bentuk energi dan perubahannya
Pesawat sederhana
Tekanan pada
zat padat, cair dan gas.
Getaran dan
gelombang
Bunyi dalam
kehidupan sehari-hari
Sifat-sifat
cahaya
Alat-alat
optik
|
8
10
8
10
10
10
8
10
8
|
|
Jumlah
Jam Pelajaran Semester 2
|
82
|
PROGRAM
WAKTU SEMESTER
(contoh)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran :
IPA
Kelas :
VIII
Tahun Pelajaran :
No
|
Bulan
|
Banyak Minggu
|
Minggu Tidak Efektif
|
Minggu
Efektif
|
1
|
Juli
|
4
|
3
|
1
|
2
|
Agustus
|
5
|
2
|
3
|
3
|
September
|
4
|
0
|
4
|
4
|
Oktober
|
4
|
0
|
4
|
5
|
November
|
5
|
0
|
5
|
6
|
Desember
|
4
|
4
|
0
|
Jumlah
|
26
|
9
|
17
|
Rincian :
1. Jumlah
jam pelajaran efektif
17 minggu X 6 jam pelajaran = 102 jam
2. Dipergunakan
untuk
Pembelajaran : 52 JP
Ulangan Harian : 30 JP
Remidi : 18 JP
Cadangan :
2 JP
Jumlah
: 102 JP
3. Banyak
Minggu Tidak Efektif
Libur Awal Semester : 2 minggu
Libur Ramadhan : 2 minggu
Libur Idul Fitri : 1 minggu
Ulangan Umum : 1 minggu
Remidi : 1 minggu
Porsenitas dan Class Meeting : 1 minggu
Libur semester : 1 minggu
Jumlah
: 9
minggu