Standar Desain Laboratorium IPA SMP

Laboratorium ialah suatu tempat dilakukannya percobaan dan penelitian baik ruangan tertutup ataupun terbuka. Pengertian laboratorium yang paling umum dimengerti adalah merupakan suatu ruangan tertutup tempat melakukan percobaan dan penelitian yang dilengkapi dengan sejumlah sarana dan prasarana untuk tempat belajar siswasi. Laboratorium IPA bangunannya ataupun ruang mencakup hal di bawah:
§  Tempat yang dilengkapi peralatan untuk melangsungkan eksperimen di dalam sains atau melakukan pengujian dan analisis,
§  Bangunan atau ruang yang dilengkapi peralatan untuk melangsungkan penelitian ilmiah ataupun praktek pembelajaran bidang sains,
§  Tempat memproduksi bahan kimia atau obat,
§  Tempat kerja untuk melangsungkan penelitian ilmiah.
 Secara umum, standar sarana dan prasarana laboratorium IPA SMP / MTs yang telah ditetapkan oleh BSNP adalah sebagai berikut:
1.      Berfungsi sebagai tempat berlangsungnya kegiatan pembelajaran IPA secara praktik yang memerlukan peralatan khusus.
2.      Dapat menampung minimum satu rombongan belajar.
3.      Rasio minimum luas ruang laboratorium IPA adalah 2,4 m2 per peserta didik. Untuk rombongan belajar dengan peserta didik kurang dari 20 orang, luas minimum ruang laboratorium IPA adalah 48 m2.
4.      Ruang penyimpanan(storage room) seluas 20% dari luas ruang laboratorium.
5.      Dilengkapi dengan fasilitas untuk memberi pencahayaan yang memadai untuk membaca buku dan mengamati objek percobaan.
6.      Tersedia instalasi air bersih.
7.      Dilengkapi sarana yang memadai.
a.       Perabot (meja, kursi, lemari dan bak cuci)
b.      Peralatan pendidikan
c.       Media pendidikan
d.      Perlengkapan lain(keamanan, kebersihan dan keselamatan kerja lab)
Standar ruangan yang perlu ada didalam suatu laboratorium IPA yaitu:
·         Ruangan Laboratorium.
·         Ruang persiapan.
·         Ruang penyimpanan.
·         Ruang timbang
·         Ruang praktikum.
·         Kebun sekolah (rumah kaca). 
Rambu-rambu ukuran ruangan standar laboratorium:
Ø  Ruangan praktikum                 : ± 2,5 m2/orang, ex: untuk 20 peserta didik luasnya 50 m2
Ø  Ruangan persiapan                  : ± 20 % dari ruang praktikum
Ø  Ruangan penyimpanan            : ± 20 % dari ruang praktikum
Ø  Ruangan staf laboran              : ± 20 % dari ruang praktikum

Bangunan Laboratorium
*      Instalasi
Instalasi laboratorium IPA meliputi instalasi listrik dan instalasi air. Instalasi listrik diperlukan untuk mengoperasikan peralatan dan penerangan pada saat kegiatan praktikum. Instalasi air sebagai salah satu keharusan dalam meningkatkan kebersihan dan juga mendukung jalannya kegiatan di laboratorium.
*      Pembuangan limbah.
Setiap laboratorium harus memiliki area pembuangan limbah dan pengolahannya agar tidak mencemari lingkungan(merusak keseimbangan lingkungan). Untuk laboratorium kimia dan biologi merupakan hal yang sangat diperhatikan mengingat jenis dan sifat limbah yang dihasilkan. Sedangkan limbah dari laboratorium fisika umumnya hanya merupakan bahan-bahan yang habis pakai. Oleh karena itu diperlukan kotak sampah untuk pembuangan sementara limbah-limbah tersebut.Contoh desain laboratorium IPA SMP kapasitas 20 siswa. Desain oleh Wiwik Susilowati mahasiswa Pendidikan IPA UNY 2010.


design Laboratorium IPA SMP (kapasitas 20 orang)