LKS IPA Kelas VIII (Indra Pendengar)


 



A. Tujuan
Menerka bentuk lintasan dalam box dengan bantuan indra pendengaran.

B. Info Sains
                        Pada umumnya, manusia normal dapat mendengan suara hingga freakuensi maksimal 22.000Hz dan 20.000Hz bagi kebanyakan orang, tetapi bayi, kelelawar, dan juga anjing ternyata dapat mendengar suara dengan frekuensi di atas 22.000Hz. Manusia pada umumnya tidak akan merespon bila ada suara dengan frekuensi di atas 22.000Hz. Tetapi, anjing akan menunjukkan semacam respon saat mendengar suara dengan frekuensi sangat tinggi itu (Ultrasonik), misal menjadi tidak nyaman atau gelisah.
                   Manusia mendapatkan kemampuan mendengar maksimal rata-rata mulai bayi sampai maksimal berumur 20 tahun. Semakin tua umur seseorang, maka kemampuan mendengarnya akan menurun. Suara dengan frekuensi kurang dari 300Hz mungkin terdengar seperti drum yang dipukul pelan berulang-ulang dan sangat halus, suara dengan frekuensi diatas 300Hz sampai sekitar 1300Hz terdengar seperti seorang penyanyi melakukan teknik falseto atau mungkin seperti saat kita mengatakan kata “huuuu” dan suara terdengar makin nyaring. Suara diatas 1300Hz hingga 4000Hz terdengar seperti suara siulan atau peluit atau seruling dan juga seperti penyanyi yang bisa mencapai note whistle register (seperti Adam Lopez, Mariah Carey, Georgia Brown, Minnie Ripperton). Sedangkan suara dengan frekuensi diatas 4000Hz terdengar seperti peluit yang ditiup sampai mengeluarkan bunyi “psstt” hingga akhirnya tidak dapat didengar oleh telinga (Laziem, 2008).

C. Alat dan Bahan
a)    Box kertas
b)   Kertas
c)    Alat tulis
d)   Indra pendengar (telinga) yang normal

D. Prosedur Kerja
a)    Angkatlah dengan hati-hati box yang telah di bagikan, usahakan tetap dalam posisi mendatar.
b)   Gerakkan secara perlahan-lahan box tersebut di telinga kanan-kiri (boleh bergantian) dalam keadaan kedua mata tertutup..
c)    Prediksikan bentuk lintasan di dalam box tersebut dengan merdengarkan guliran benda di dalam box.
d)   Gambarkan hasil percobaanmu ke dalam selembar kertas.
e)   Ulangi percobaan tersebut dengan keadaan mata terbuka, tuliskan hasil percobaan dalam selembar kertas.
f)    Lakukan kegiatan tersebut pada naracoba yang lain dan tuliskan hasilnya secara individu.
g)   Tuliskan (berdasarkan kesepakatan kelompok) kemungkinan bentuk yang paling benar dari lintasan di dalam box tersebut.
h)   Bukalah penutup box dan bandingkan lintasan sesungguhnya di dalam box dengan hasil percobaanmu.

E. Tabulasi Data

Naracoba
Prediksi bentuk lintasan

Mata tertutup
Mata terbuka
Naracoba I





Naracoba II





Dst...





Kesepakatan kelompok









F. Daftar Pertanyaan

a)    Apakah hasil prediksi bentuk lintasan di dalam box sama pada setiap naracoba ? jelaskan alasanmu !
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

b)   Bandingkan hasil percobaan yang telah kalian lakukan antara mata tertutup dan mata terbuka. Adakah perbedaan dari keduanya, jelaskan alasannmu !
......................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

c)    Berikan contoh aplikasi percobaan tersebut dalam kehidupan sehari-hari !
.....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................